Google

Monday, May 08, 2006

Menikah Tanpa Cinta

Adakalanya sebuah pernikahan terjadi tanpa dilandasi oleh cinta.Mereka berpendapat bahwa cinta itu bisa muncul setelah pernikahan.Islam memandang bahwa faktor ketertarikan merupakan faktor yang tidak bisa diabaikan begitu saja.Islam melarang seorang wali menikahkan seorang gadis tanpa persetujuannya dan menghalanginya untuk memilih lelaki yang disukainya seperti yang termuat dalam Al Qur'an dan al Hadist

"Maka janganlah kamu (para wali) menghalangi mereka kawin

dengan bakal suaminya" ( Al Baqarah ayat 232)

"Dari Ibnu Abbas ra , bahwa seorang wanita datang kepada nabi saw , lalu ia memberitahukan bahwa ayahnya telah menikahkannya padahal ia tidak suka , lalu nabi saw memberikan hak kepadanya untuk memilih (HR Abu Daud)

Karena yang menjalani sebuah pernikahan adalah kedua pasangan itu bukanlah wali mereka.


Selain itu seorang yang hendak menikah hendaknyalah melihat dahulu calon pasangannya seperti termuat dalam hadis

"Apabila salah seorang dari kamu meminang seorang wanita maka tidaklah dosa atasnya untuk melihatnya , jika melihatnya itu untuk meminang , meskipun wanita itu tidak melihatnya "(HR Ahmad)

Memang benar dalam beberapa kasus , pasangan yang menikah tanpa didasari cinta bisa mempertahankan pernikahannya.Tapi apakah hal ini selalu terjadi , bagaimana bila yang terjadi adalah sebuah neraka pernikahan , kedua pasangan saling membenci dan saling mencaci maki satu sama lain.


Sebuah pernikahan dalam islam diharapkan dapat memayungi pasangan itu untuk menikmati kehidupan yang penuh cinta dan kasih sayang dengan mengikat diri dalam sebuah perjanjian suci yang diberikan Allah SWT. Karena itulah rasa cinta dan kasih sayang ini sudah sepantasnya merupakan hal yang harus diperhatikan sebelum kedua pasangan mengikat diri dalam pernikahan.


Karena inilah salah satu kunci kebahagian yang hakiki dalam mensikapi problematika rumah tangga nantinya.

3 Comments:

At 6:18 AM, Anonymous Anonymous said...

Menikah Tanpa Cinta
mmm...klo denger2 dari org yang udah menikah lgsg kt mereka "menikah itu subhanallah dech.", "bener ya pacaran setelah menikah itu enak"..."abiz nikah manja ku nambah ni :p"....

itu salah satu kutipan yg pernah aku denger, tapi terkadang pernah kepikir klo misalkan kita dilamar ya udah liat orgnya or "cv"nya deh n kesannya bgs bgt dan sampe ke jenjang pernikahan tapi semua yg diutarain di awal perniahan g sebanding dengan kenytaannya..coz kita g tau sifat n pribadi dia terlebih dahulu..ya mgkn taarufnya berbarengan kali ya..tapi kan itu g dipungkiri juga kan..

klo ngmg pernikahan apalagi skrg kynya uda pada muka2 siap nikah deh :p heheh...menikah tanpa cinta mmm...antara y n engga..klo ya..anggep aj kita pdkt bener2 dari awal n mungkin ada enak n engganya...klo pun cinta ketika seseorang melamar or dilamar berarti dia kan uda jatuh cinta wong dia uda netepin mo nikah kq masa ga cinta juga..nah klo uda nikah baru deh cinta di pupuk(tanaman ali dipupuk waakakak...)..

tau ah ngmgin ginian mah ga ada abiznya.kynya g nyambung dh...tapi secara tersirat nymbung q..hanya untuk iq ratusan ke atas hehehe

 
At 4:23 PM, Anonymous Anonymous said...

best regards, nice info » » »

 
At 7:50 PM, Blogger Unknown said...

minta masukkan dunk...
ane mo nikah 1 bulan lagi, tapi dateng masalah yang bisa bikin pernikahan itu batal. cz "mantan' ane bersikeras meminta keluarga ane tuk menikahinya. sementara ane dah bener-bener ga punya rasa cinta lagi ma dia. sementara niat ane dah bulet tuk nikah ma calon ane. intinya ane ga tau harus gimana??

 

Post a Comment

<< Home